Hasil Pilgub Bali: Siapa Pemenang Pilkada Bali 2013?

Siapakah pemenang Pilgub Bali 2013? Hasilnya masih belum bisa dibilang pasti. Tak ada satupun hasil quick count dari berbagai lembaga survey bisa dijadikan patokan pasti untuk mendapatkan pemenang pada hasil Pilkada Bali 2013.

Selisih perolehan suara antara pasangan AA Ngurah Puspayoga - Dewa Nyoman Sukrawan dengan Made Mangku Pastika - I Ketut Sudikerta sangatlah tipis. Perbedaan yang hanya kurang dari 1 persen membuat berbagai hasil quick count yang telah dipublikasikan tidak dapat merefleksikan hasil Pilgub Bali secara meyakinkan karena quick count memiliki margin error sebesar 2 persen.

Hasil Pilgub Bali 2013

Sebagai perbandingan, dua lembaga survey yang turut serta melaksanakan quick count pada Pilgub Bali yaitu Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) dan Indonesia Research Center (IRC) memiliki hasil yang berbeda.

Berdasarkan hasil quick count SMRC, pasangan AA Ngurah Puspayoga - Dewa Nyoman Sukrawan unggul dengan perolehan 50,31 persen. Sedangkan IRC menyuguhkan data sebaliknya, yaitu kemenangan bagi pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta dengan perolehan 50,01 persen. Unggul sangat tipis dibanding lawannya.

Jadi, kita perlu bersabar menunggu hasil perhitungan yang sebenarnya dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali untuk dapat mengetahui secara pasti mengenai hasil Pilkada Bali 2013 ini.