Negara-Negara Dengan Supporter Paling Fanatik

Dalam dunia sepak bola, supporter adalah pemain ke-12. Dukungan dari supporter mampu meningkatkan semangat pemain di lapangan hingga berlipat-lipat. Serunya pertandingan dua tim sepak bola besar akan tetap kehilangan daya tarik jika tidak dihadiri para supporter.

Totalitas dan loyalitas para supporter fanatik terkadang berlawanan dengan akal sehat. Mereka bahkan rela mengorbankan nyawa untuk mendukung tim sepak bola yang dicintainya. Tawuran antar supporter pun sering terjadi saat dua musuh bebuyutan bertanding di lapangan hijau.

10 Negara Dengan Supporter Sepak Bola Paling Fanatik di Dunia

Lalu, negara mana yang memiliki supporter paling fanatik? Berdasarkan rata-rata kepadatan stadion saat pertandingan berlangsung, berikut adalah negara-negara yang memiliki supporter sepak bola paling loyal.

10 Negara Dengan Supporter Sepak Bola Paling Fanatik di Dunia

  • 1. Inggris
    Basis supporter fanatik di negeri Ratu Elizabeth adalah Manchester United, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea dengan rata-rata kepadatan stadion mencapai 99%. Di tingkat negara, Hooligan Inggris juga dikenal sebagai supporter paling fanatik dan loyal.
  • 2. Argentina
    Tingkat rata-rata kepadatan stadion yang dipenuhi para supporter Argentina mencapai 97%. River Plate dan Boca Junior adalah klub sepak bola yang memiliki pendukung paling loyal, mereka menganggap kemenangan tim sebagai harga mati. Perkelahian supporter yang menimbulkan korban jiwa sudah cukup sering terjadi di negara Diego Maradona tersebut.
  • 3. Indonesia
    Legenda sepak bola dunia asal Jerman, Franz Beckenbauer, sampai kaget setelah melihat brutalnya video tawuran supporter Indonesia. Tak terhitung nyawa yang melayang akibat kerusuhan supporter di negeri kita tercinta. Arema, Persebaya, Persib, Persipura, Sriwijaya dan Persija tercatat sebagai klub sepak bola yang memiliki basis supporter paling fanatik dan loyal. Angka rata-rata kepadatan stadion mencapai 96%.
  • 4. Brazil
    Sebagaimana Argentina dan Indonesia, para pendukung tim sepak bola di Brazil juga terkenal sering bentrok. Dengan begitu banyak bintang serta bakat-bakat pesepakbola yang berasal dari negeri Samba, sepak bola telah menjadi agama kedua di sana. Angka rata-rata kepadatan stadion mencapai 93% dan Sao Paolo FC merupakan klub dengan supporter paling fanatik.
  • 5. Italia
    Supporter sepak bola di Italia dikenal sebagai supporter yang keras dan loyal, hampir setiap klub memiliki supporter garis keras. Rata-rata kepadatan stadion mencapai angka 93% dengan basis supporter fanatiknya adalah Roma, Juventus, serta Milan dan Inter Milan.
  • 6. Meksiko
    Salah satu hal yang unik dari para supporter di Meksiko adalah atribut yang mereka kenakan, mereka selalu menonjolkan identitas negara Mexico saat mendukung tim kesayangan. Rata-rata kepadatan stadion mencapai 90% dan Chivas Guadalajara merupakan klub dengan supporter yang paling loyal.
  • 7. Belanda
    Sebagai negara yang dikenal dengan gaya Total Football, Belanda juga memiliki supporter yang total dalam mendukung tim kesayangan. Hal ini terlihat dari rata-rata kepadatan stadion yang mencapai 89% dengan basis supporter fanatiknya adalah para pendukung Ajax Amsterdam.
  • 8. Spanyol
    Spanyol merupakan salah satu negara dengan prestasi sepak bola paling mentereng di dunia. Selain dua musuh bebuyutan Real Madrid dan Barcelona, basis supporter fanatik di Spanyol juga berada di Valencia dan Atletico Madrid. Rata-rata kepadatan stadion di spanyol mencapai 87%.
  • 9. Jepang
    Animo masyarakat Jepang pada pertandingan sepakbola meningkat tajam semenjak sukses menjadi salah satu tuan rumah pada ajang Piala Dunia 2002, hal ini terlihat dari rata-rata kepadatan stadion yang mencapai angka 86,6%. Supporter yang dikenal paling fanatik di negeri Matahari Terbit adalah supporter Gamba Osaka.
  • 10. Jerman
    Banyak supporter yang rela untuk berpetualang berkeliling negara jerman hanya untuk mengikuti tur musiman tim idola mereka. Presentase rata-rata kepadatan stadion di Jerman bisa mencapai 85%. Basis supporter fanatik Jerman adalah Bayern Munich dan Hertha Berlin.