5 Negara Dengan Cadangan Minyak Bumi Terbanyak Di Dunia

Kebanyakan dari kita masih menganggap Bumi Pertiwi masih memiliki cadangan minyak bumi yang melimpah. Kenyataannya, Indonesia sudah sejak lama membeli minyak dari luar negeri, bahkan sejak kepemimpinan Soeharto.

Ketersediaan minyak di Indonesia sudah amat menipis, beberapa pihak bahkan menilai cadangan minyak bumi di negara kita hanya bertahan sampai sepuluh hingga dua belas tahun ke depan.

Berbeda dengan 5 negara yang akan kita absen dalam artikel ini, kelima negara tersebut memiliki cadangan minyak bumi yang amat sangat melimpah. Meski jumlah produksi setiap tahunnya sangat tinggi, tapi diperkirakan cadangannya tidak akan habis selama berpuluh-puluh tahun ke depan.

Tambang Minyak

Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini, mengungkapkan lima negara yang memiliki cadangan minyak bumi terbanyak di dunia dengan total ketersediaan lebih dari 100 miliar barel. Berikut adalah kelima negara tersebut:

  • Venezuela memiliki cadangan terbesar, yaitu hampir 300 miliar barel. Mengalahkan Arab Saudi yang lebih dikenal sebagai penghasil minyak.
  • Arab Saudi menduduki posisi kedua dengan cadangan minyak mencapai 270 miliar barel.
  • Iran diperkirakan memiliki cadangan mencapai 160 miliar barel.
  • Irak sempat hancur akibat invasi Amerika Serikat, ternyata negara ini memiliki cadangan minyak 140 miliar barel.
  • Kuwait memiliki cadangan minyak 100 juta miliar barel (menurut Data OPEC 2012)

Dunia modern saat ini memang sangat tergantung pada komoditas minyak bumi. Namun walaupun saat ini cadangan minyak di dunia masih sangat melimpah, kita masih perlu memikirkan alternatif energi lain karena minyak bukanlah komoditas yang dapat diperbarukan.