Mengintip Apikasi Facebook Home Untuk Android

Facebook meluncurkan "rumah baru" yang bernama Facebook Home, aplikasi yang sedikit berbeda dibandingkan aplikasi lainnya karena berjalan pada sistem operasi namun berada di bawah aplikasi lainnya.

Pilihan sistem operasinya jatuh kepada OS besutan Google, Android. Begitu dijalankan, Facebook Home akan mengganti Homescreen & Lockscreen Android dengan sebuah tampilan khusus bernama Cover Feed yang menyajikan update news feed terbaru dari akun Facebook pemilik ponsel dalam bentuk foto yang memenuhi layar dan ditambahkan keterangan feed yang bersangkutan.

Apikasi Facebook Home Untuk Android

Semua feed ini diperbaharui secara otomatis, pengguna tidak perlu membuka aplikasi Facebook atau membuka lock ponsel untuk mengetahui kabar terbaru di kehidupan Facebook-nya.

Untuk mengakses aplikasi lain di smartphone, cukup sapukan jari pada gambar foto pengguna di bagian bawah Cover Feed, dan semua aplikasi pun bisa diakses dari launcher Android seperti biasa.

Cover Feed Facebook Home
source: engadget

Nah, selagi pengguna membuka folder aplikasi, Facebook Home dengan tampilan Cover Feed akan tetap berjalan di latar belakang.

Apabila ada yang mengirim pesan Facebook Chat, maka notifikasi berbentuk foto pengirim akan tampil di bagian atas layar walaupun ketika pengguna sedang menggunakan aplikasi lain. Pengguna bisa langsung menanggapi dengan menyentuh foto teman tersebut dan membuka interface chatting. Fitur ini disebut "Chat Heads".


source: engadget

Facebook Home mulai bisa diunduh pada 12 April 2013 melalui Google Play Store. Namun aplikasi Facebook Home hanya bisa digunakan di beberapa tipe ponsel tertentu saja, yaitu HTC One X+, HTC One X, Samsung Galaxy Note, dan Samsung Galaxy SIII.

Dukungan untuk smartphone lain seperti HTC One dan Galaxy S4 serta perangkat tablet akan ditambahkan di waktu yang akan datang. Beberapa produsen ponsel Android yang sudah menjalin kerjasama dengan Facebook untuk menyediakan Facebook Home adalah Samsung, HTC, dan Sony.