Asal Usul Julukan Paman Sam Untuk Amerika

Mungkin Anda pernah penasaran mengapa Amerika memiliki julukan negara Paman Sam / Uncle Sam. Ternyata julukan tersebut berawal dari seseorang bernama Samuel Wilson (1766 - 1854) yang saat berusia 14 tahun menjadi pejuang Amerika lalu membuka usaha kemasan daging di New York setelah menginjak dewasa.

Saat itu suplai barang untuk tentara dibeli di New York oleh seorang kontraktor pemerintah bernama Elbert Anderson dan diperiksa oleh dua bersaudara, Ebenezer dan Samuel Wilson yang dipanggil "Uncle Sam" (Paman Sam) oleh temannya. Setiap paket ditandai inisial E.A.-U.S. Yang merupakan inisial dari Elbert Anderson dan United States.

Namun pekerja sering mempelesetkan singkatan tersebut menjadi EA adalah Elbert Anderson dan US adalah Uncle Sam (Paman Sam). Pelesetan tersebut kemudian menjadi populer di kalangan para pekerja, lalu menyebar ke para tentara, dan akhirnya meluas ke masyarakat umum sehingga Pemerintah Amerika Serikat sekarang dikenal sebagai "Uncle Sam" atau "Paman Sam"

Pada 1860-an dan 1870-an, seorang kartunis politis bernama Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam yang kita kenal saat ini, yaitu seorang pria berjanggut putih mengenakan baju dan topi bermotif stars and stripes (bintang dan garis, motif bendera Amerika Serikat).

Gambar Uncle Sam

Kemudian pada bulan September 1961, Kongres Amerika Serikat mengakui Samuel Wilson sebagai cikal bakal simbol nasional negara Amerika.

Wilson yang wafat pada tanggal 31 Juli 1854 dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota tersebut kemudian mendapat julukan ‘Rumah Paman Sam.’

Paman Sam Wilson dianggap sebagai seorang teladan, seorang peekerja keras yang mencintai tanah airnya. Bangsa Amerika sekarang bangga dengan julukan dan citra yang dimiliki Paman Sam.