Menang di MotoGP Austin, Marc Marquez Pecahkan Rekor Freddie Spencer

Kemenangannya di MotoGP Austin bermakna istimewa bagi Marquez karena kemenangan tersebut memecahkan rekor pembalap termuda yang tampil sebagai pemenang balapan di kelas primer.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Freddie Spencer yang memenangi GP Belgia 1982 saat berusia 20 tahun 196 hari. Sedangkan saat memenangi MotoGP Austin, Marc Marquez berusia 20 tahun 63 hari.

"Pekerjaan bagus Marquez, yang menjadi pebalap termuda yang memenangi balapan MotoGP!! Saya sangat bahagia untuk Marc! Benar-benar momen yang luar biasa!! Terbaik!" komentar Freddie Spencer melalui akun Twitter-nya, tak lama setelah rekornya dipecahkan.

Marc Marquez MotoGP Austin

Marc Marquez tampil di podium sebagai pembalap yang finish nomor 1 dalam balapan di Circuit of the Americas yang berlangsung pada hari Senin, 22 April 2013 dinihari WIB. Pembalap Repsol Honda tersebut menuntaskan balapan 21 lap dengan waktu 43 menit 42,123 detik, mengalahkan rekan setimnya, Dani Pedrosa.

Selain sebagai pemegang rekor baru pembalap termuda yang memenangi balapan di kelas primer, Marquez juga menjadi pembalap pertama yang memenangi balapan MotoGP di Circuit of the Americas yang baru tahun ini sirkuit tersebut masuk ke kalender MotoGP.

Ini adalah kemenangan pertama Marquez sejak "naik kasta" ke kelas MotoGP pada awal musim ini, Rider asal Spanyol cuma butuh dua seri untuk melakukannya setelah di MotoGP Qatar finish ketiga.